LOVE * MAKE UP * RESPECT

INGIN JADI BEAUTY BLOGGER? BACA INI DULU DEH!

“Ikuti pemikiranmu.. sesekali tengok bagaimana ia memperlakukan dirimu.” -Y.H. Shadia-

Kamu yang suka banget nulis dan kebetulan mayoritas dari tulisanmu adalah apa yang sedang kamu gandrungin sekarang? Better, kamu punya platform digital yang bisa mewadahi hobby kamu ini deh. Contohnya nge-blog. Ah siapa sih yang ngga kenal dunia blog jaman now? Hehehe.

Blogging kini bukan hanya menjadi hobi atau kegemaran semata, namun bisa menjadi profesi yang memiliki prospek bagus dan menguntungkan. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh para beauty blogger.  Apa pengertian beauty blogger, hayoooo???

Cekikikan kecil sambil ambil cangkir kopi.

Beauty blogger adalah creator content atau pengisi tulisan atau artikel yang berkenaan dengan kosmetik dan make up. Awalnya, beauty blogger banyak menulis review produk-produk kecantikan, membuat video tutorial make up yang dibagikan kepada pembaca lewat situs atau media sosial. Dari aktivitas yang dilakukan tersebut, beauty blogger mulai banyak dikenal orang sehingga memiliki pembaca dan follower setia.

Brand kosmetik internasional maupun lokal pun gencar menggaet beauty blogger untuk mempromosikan produk-produknya. Mereka membagikan produk – produk kecantikan unggulan mereka kepada beauty blogger untuk dicoba dan didemonstrasikan lalu meminta mereka untuk menuliskan review-nya. Dan produknya pun tak jarang harganya bisa mencapai jumlah yang fantastis.

Lewat review produk kecantikan yang ditulisnya, tak jarang beauty blogger mendapatkan honor, komisi maupun penghasilan dari brand – brand kosmetik terkenal. Tak cuma itu, beauty blogger juga kerap mendapatkan undangan istimewa untuk menghadiri sebuah event bergengsi dari mereka yang notabene punya brand make up populer tersebut. Tak heran, beauty blogger menjadi primadona bagi mereka yang mengikuti trend kecantikan.

Beberapa ada yang bingung bagaimana cara memulai nge-blog dan mendeklarasi diri sendiri sebagai beauty blogger. Bahkan beberapa skill penulisan masih berantakan dan bingung ngatur paragraf yang baik itu yang kayak gimana. Ok guys, disini aku bakal share sedikit tips dan trik gimana caranya agar kamu bisa jadi beauty blogger yang sukses! Meski aku belom dan masih secuil upil hahaha.

Kenali keunikanmu. Measure your interesting about makeup!
Langkah pertama yang wajib kamu terapkan adalah menemukan hal unik sebagai ciri khas kamu sebagai beauty blogger. Dengan banyaknya jumlah beauty blogger yang ada saat ini, mungkin kamu merasa agak sulit untuk menemukan ciri khas yang belum ditampilkan oleh siapapun. Buat aja paling tidak berbeda dengan beauty blogger yang lain.  Coba deh, pikirin dulu satu hal yang paling kamu suka dari diri kamu. Kalau kamu suka sama bulu matamu yang lentik, kamu bisa bikin how to keep eyelash still cute tutorial. Kalau kamu suka kosmetik, nggak masalah untuk ‘bersaing’ dengan yang lainnya, tapi kamu bisa menyajikannya dengan cara lain. Misalnya: makeup tutorial yang dilakukan di taman. Jadi bedanya, adalah yang lain pada nge-review indoor kamu tetap unik di outdoor.

Yang paling penting: Menulis itu butuh passion dan mood.
Jangan deh ya kamu coba sesekali me-review brand mascara yang lagi hits ketika kamu abis putus sama gebetan atau gagal dapetin nilai paling bagus sekelas dan mama lantang berceramah. Pasti bakal baper dan bercucuran air mata yang finally akan bikin reviewmu mengenai si mascara itu jadi ngga maksimal. Menulis pun begitu, kalau kamu lagi bahagia – bahagianya boleh deh stok artikel atau beberapa lembar topik berbeda. Tapi kalo unmood, lebih baik dengerin musik atau sembunyi dalem blanket yang superhangat lalu merem. *ngakaklembut*

Review atau give a tutorial secara honest.
Saat review suatu produk, sebaiknya kamu tahu gimana cara mereview yang benar. Gunakan bahasa yang tepat, jangan asal-asalan dan yang terpenting adalah kejujuran. Sudah tahu belum kalau kamu nggak boleh menggunakan kata mencerahkan, memperkecil, menghilangkan, dan deretan kata-kata yang sering muncul untuk menggambarkan manfaat sebuah produk kecantikan? Memang sih masih banyak produk kecantikan yang menggunakan kata-kata tersebut dalam press release mereka, tapi sebagai beauty blogger yang baik, hindari menggunakan kata ini tanpa menambahkan kata “membantu” atau “terlihat lebih” dari sebelumnya.

Kualitas lebih pertama ketimbang kuantitas.
Poin yang satu ini penting banget untuk selalu diingat. Akan jauh lebih baik jika kamu meng-upload satu post yang insightful setiap satu kali setiap dua minggu, daripada meng-upload setiap hari, hasilnya seadanya alias nggak detail. Tekhniknya pun kamu juga harus belajar loh girls! Punya alamat blog dengan domain nama kamu sendiri kenyataannya mempengaruhi kredibilitas kamu sebagai blogger, lho! Untuk membuat domain sendiri nggak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam (kamu bisa Googling harga domain di masing-masing platform). Nah kebetulan punyaku udah pake domain sendiri dan so happily lah ya!☺ Cara lain untuk bikin blog kamu lebih banyak dikenal adalah dengan memanfaatkan advertising space, seperti Google Ads yang bisa langsung sign up loh.

Kolaborasi dan built a huge networking. Dimulainya emang little – little dulu sih.
Ada beberapa cara untuk berkolaborasi dengan brand. Kamu bisa minta dikirimin barang dari suatu brand tertentu dengan brand favoritmu, lalu kamu review dengan detail (jangan lupa share dan promotehasil review-nya ya!). Selain itu, kalau blog kamu sudah cukup terkenal, brand akan mengirimkan langsung ke kamu produk-produk terbaru mereka. Kalau kamu di-reject sama suatu, jangan sedih ya! Karena kamu perlu memaklumi banyaknya permintaan serupa kepada brand tersebut. Its about time aja girls. Jadi keep sabar segunung buat yang ambisius nih dapet gratisan. At least, Jangan menyepelekan the power of networking! Networking punya impact yang sangat besar terhadap blog kamu. Hal ini bisa meningkatkan jumlah follower dan pembaca kamu. Langkah mudah untuk memperluas networking sebagai blogger adalah dengan memiliki seenggaknya dua akun media sosial yang aktif (sebaiknya Instagram dan Twitter). Lalu, kamu perlu menjadi pengguna yang aktif dengan selalu memberi komentar dan berdiskusi tentang beauty product di kolom komentar blogger lain. Ini efeknyan akan bagus banget pada laman blogmu.

“ You have to be confident enough when everybody's underestimating you, yet have to be humble enough when everybody's praising you.” – Rhea Gita as author of Mrs.Rhea beauty blog.

Mau terus belajar dan BE YOUR SELF!
Terakhir nih guys, kemauan untuk terus belajar dan belajar sangat dibutuhkan agar karier kamu sebagai beauty blogger semakin menanjak. Jangan mudah puas dengan apa yang sudah kamu capai. Meski bangga dan puas dengan dengan diri sendiri itu bukan larangan, kamu harus tetap sadar bahwa masih banyak hal yang perlu dipelajari dan dicaritahu. Dengan begitu, pengetahuan dan wawasan kamu akan terus bertambah. Berbekal wawasan dan pengetahuan tersebut, kamu bisa membagikannya kepada orang lain lewat tulisan-tulisan maupun video. Hasilnya, kamu akan eksis sebagai beauty blogger dan semakin diakui reputasinya. Bagian terpenting part ini adalah tetap jadi dirimu sendiri. Do what you wanna do!

Lalalalaaa, agak panjang yah tulisannya. Ya sudahlah ya, yang penting sudah sharing dengan kalian semua aku udah seneng banget, Love! Tapi emang ini yang buatku paling krusial untuk menjadi seorang beauty blogger. Segala kemungkinan bisa kamu hadapi dan kamu modifikasi.

Semoga ada manfaat dan faedahnya ya ulasan aku ini. Hahaha.


So, thankyou to be my loyal reader, Love! See u Later, much Love!

25 comments:

  1. iya kualitas emang penting daripada kuantitas mbak sepakat
    dan paling penting juga kalo ada sedikit ulasan ttg zat kimia namun dengan bahasa sederhana dan mudah dimnengerti
    eh btw kadang aku mikir beauty blogger cowok asyik deh
    cowok kan juga butuh perawatan juga, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya dong mas. Perawatan tubuh kan mutlak buat siapa aja, terlepas itu cowok atau cewek.
      So, semangat ngeblognya yaaa^^

      Delete
    2. jadi pengen bikin handsome blogger. hihihi.

      Delete
  2. karena aku awam banget soal kosmetik, kadang suka gemes kalau membaca beauty blog yang menggunakan istilah yang tidak dimengerti oleh orang awam macam aku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku sih mbak, lebih ke bahasa yang mudah dipahami aja. Aku juga apalah yahh, masih beginner juga. Makanya aku berusaha untuk memberi penjelasan yang sesuai apa yang aku pahamin gitu. Hehehe

      Delete
  3. saya jadi pingin peawatan deh mbak,....
    https://caramodifampli.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuu, Hayuuu diraawatin tubuhnya hehehe. thanks dah visit mas. Soon aku visit balik blognya^^

      Delete
  4. Nge review beauty memang cara penjelasannya gak boleh asal bilang mencerahkan, ini paling bagus, dll. Boleh digunakan asal ada alasan yang kuat. Lagipula apa yang bagus menurut reviewer belum tentu dibutuhkan oleh pembaca.

    And I am still learning about it :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju akak^^ Learning about it itu yah susah - susah gampang hehehe.

      Thanks dah mampir yah :*

      Delete
  5. Iya bener banget kualitas lebih penting dr kuantitas, apalah artinya banyak postingan tp ga bermutu, hehehehe,

    http://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, that's the point kak^^ Thanksmuch dah visit, soon aku kunjungin balik :*

      Delete
  6. Pengen juga jadi beauty blogger tp selalu gak pede klo foto close up dan hasilnya pun selalu gak beauty hehehe

    ReplyDelete
  7. Pernah dulu banget beauty review.. duh, lucu kalau aku bacaa 😁 untuk product yg cocok aja itu juga udah lama banget. Nice post ^^ tfs yaa

    ReplyDelete
  8. Selalu suka ngeliat blognya beauty blogger. Keceh keceh semuaaaahhhh. Dan skill make up bikin iriii. Huhuhuuu. Semangat terus ngeblognya yaaa

    ReplyDelete
  9. Be honest! Itu yang sering terlupa sepertinya...Kadang ada yang ngereview nya over. Jadi kayak sempurna sekali produknya..
    Btw, tips yang ketjeee..Thanks:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, thanks juga sudah mampir. Ya emang begitu sih ya rata2 si pereview kadang kurang memperhatikan ke-honest-annya hihi. padahal kan yang dibutuhin emang realita produknya. all over kan mesti ada plus minusnya hehe.
      Thanks so much komentarnya^^

      Delete
  10. Wah nambah lagi nih pengetahuan soal pemakaian bahasa, secara saya newbe jd beuaty blogger. Apalagi suka takjub sama bahasa yang dipakai para beauty blogger hits sehingga saya seringnya pakai bahasa yang mudah disampaikan dan dipahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kak^^ Thankyou udah mampir yah.. kita saling belajar lagi sama-sama hehe

      Delete
  11. Ada ga,cowo yang berprofesi beauty blogger,hihi
    Pasti kontent artikel nya lebih natural :)

    ReplyDelete
  12. yap, aku suka kata-katanya "kualitas lebih bagus dariapada kuantitas", itu semacam selfreminder buat para blogger untuk lebih memberikan yg terbaik dalam artikelnya :)

    ReplyDelete

My Instagram