LOVE * MAKE UP * RESPECT

Sejarah Makeup dan Perkembangannya

Dewasa ini, make up sudah seperti kebutuhan primer bagi wanita. Keberadaannya benar – benar fakta dalam kehidupan masa sekarang dengan berbagai tuntutan acara dan profesi. Berbagai trend pun telah muncul dari masa ke masa sejak awal ditemukannya hingga sekarang.

Make up sendiri ialah kumpulan beberapa komponen kosmetik. Definisi kosmetik adalah zat pewarna yang digunakan untuk meningkatkan penampilan atau aroma tubuh manusia. Di Amerika Serikat, badan yang mengatur industri kosmetik, mendefinisikan kosmetik sebagai produk yang digunakan pada tubuh manusia untuk membersihkan, mempercantik, mempromosikan daya tarik atau mengubah penampilan tanpa mempengaruhi fungsi tubuh manusia. Oleh karena itu, bahan kosmetik pun harus benar – benar aman untuk para penggunanya.

Berikut adalah sejarah makeup dan perkembangannya dari masa ke masa:

1. Greek Period
Para goddess, terlahir sempurna dengan wajah cantik rupawan dan tubuh yang gemolek. Diadaptasi dari hal tersebut, make up juga digunakan oleh para wanita Yunani kelas atas untuk menunjukkan status sosial. Make up wanita Yunani lebih ke arah natural, bedak yang tipis dan polesan di bibir dengan bahan alami .Untuk alis menggunakan arang atau batu-bara dan alis cenderung menyambung.




2. Ancient Egypt Period
Siapa yang tidak tahu bagaimana paripurnanya riasan Cleopatra? Bahkan Fir’aun pun begitu tergila – gila dengan kecantikannya. Zaman Mesir Kuno diketahui adalah masa paling awal para wanita menggunakan make up. Produk mereka yang terkenal yaitu eyeliner, berguna untuk mengurangi silau, mencegah infeksi mata, serta membuat mata terlihat cantik dan tajam bak Cleopatra yang tersohor itu.


3. Middle Century Period
Pada masa ini adalah masa dimana makeup bangsa Eropa bangsawan begitu mendominasi. Make up wanita abad pertengahan terkenal dengan tren kulit putih mulus bebas bercak. Mereka mendefinisikan cantik dengan warna kulit yang putih pucat bahkan untuk bagian alis dan kelopak mata. Adapun warna yang dipoles ke wajah harus tak terlihat atau membuat wajah putih. Hingga pada awal abad 19, tepatnya masuk tahun 1900 disebut dengan tahun Edwardian Makeup Era. Dimana perempuan pada masa ini sudah bosan dengan tampilan wajah yang pucat, sehingga mereka sering berjemur untuk mendapatkan kulit yang gelap. Salon kecantikan juga mulai ada di kota-kota besar. Pada masa ini penjualan make up dilakukan secara tersembunyi, karena penggunaan make up hanya di bolehkan diatas panggung atau untuk wanita – wanita penghibur. Pada tahun ini juga diciptakan bedak yang terdapat pada tissue yang dapat langsung ditempel di wajah. Kemudian muncul bedak padat diikuti perona pipi dan bibir yang untuk memberikan kesan segar. Pada tahun 1914 diciptakan mascara pertama yang diberi nama "maybelline".


4. Marylin Monroe’s Period
Make up berperan penting sebagai kekuatan wanita setelah terjadinya perang dunia pertama. Pada masa ini make up membuat wanita menjadi lebih percaya diri dan melupakan trauma akan perang. Wanita pada masa ini mulai ber eksperimen dengan make up, seperti yang dilakukan aktris serta model terkenal Marylin Monroe, kuas riasan mata Kohl eyeshadow, alis yang mulai dicukur atau dicabut untik menggaris alis kebawah, bibir dibuat lebih tipis dengan cupid bow dan pipi rouge, serta penataan rambut bergelombang ke atas semacam jambul kepala ayam.
Pada masa ini pula make up glamor semakin disukai, selain itu make up untuk menutupi ketidak sempurnaan wajah sangat diminati. Sehingga muncul liquid foundation untuk membuat tampilan wajah tanpa noda. Alis mata tetap terkesan natural namun lebih tapered dan feminim. Sebagai penyempurnaan total, blush on juga hadir di sekitar pipi sebagai perona merah.


5. Millenium Period
Budaya pop zaman ini dimotori globalisasi yang semakin menjamur. Momen berharga bagi make up berwarna metalik pastel. Dengan tampilan bibir merah jambu dan diaplikasikan dengan coloured gloss menjadikan wanita pada masa ini menjadi trendsetter dalam dunia makeup. Rambut bergaya  soft tousled mendapatkan tempat istimewa di dekade millennium ini. Alis yang dibentuk dengan terdefinisi dan bibir yang berwarna pink pekat juga booming di kalangan elit fashion era ini. Cukup pastikan kulit terkesan warm dengan membubuhkan sedikit bronzer pada bagian atas dahi, tulang alis serta garis rahang. Untuk tahun – tahun ini hingga sekarang, tampilan make up sudah lebih natural dan sempurna. Penggunaan eyeshadow lebih dominan satu warna dan untuk lipstik cenderung ke matte dengan warna maroon dan nude yang paling banyak digemari baik remaja maupun dewasa.



“Wanita tanpa make up bagai sayur tanpa garam.” Plautus, Filsuf dari Roma.

Demikian adalah ulasan mengenai makeup dan perkembangannya dari awal ditemukan hingga keberadaannya di masa sekarang. Nah Love, jadi nambah pengetahuan kamu tentang make up kan? Hihihi.

See u later, much Love! J

6 comments:

  1. Baru tahu kalau ada sejarahnya, itu di greek, Untuk alis menggunakan arang atau batu-bara dan alis cenderung menyambung. Pakai arang?! wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.

      Tau dari sumbernya kekgitu sih gan wkwk, btw thanks udah mampir yeaa^^

      Delete
  2. baru tau juga kalau ada historynya.. sippp dahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... iya gan... semua pasti ada historynya...

      Delete
  3. Kalo mesir memang terkenal dengan kecantikan matanya yg terfokus

    ReplyDelete

My Instagram